Sabtu, 11 Februari 2012

Artis Cantik Jepang Hasil Computer Generated Image


1311080665661966211
Artis hasil rekayasa komputer, Eguchi Aimi, sumber: http://static.tokyohive.com
Beberapa tahun yang lalu, dunia musik dihebohkan oleh kasus Lipsyinc duo Milli Vanilli. Banyak penggemar kecewa ternyata bukan mereka yang menyanyi, bisanya hanya bergerak-gerak saja. Baru-baru ini kejadian yang lebih seru terjadi di Jepang, di mana bukan hanya suara (lipsync) yang dilakukan, tetapi juga wajah, hidung, mata, dan alis. Seorang artis baru di Jepang yang masuk ke sebuah grup band terkenal AKB48, ternyata bukan manusia secara fisik, tetapi adalah hasil rekayasa komputer ataucomputer generate image.
Orang Jepang memang suka aneh dalam memanfaatkan sebuah teknologi. Beberapa waktu yang lalu, sebuah teknologi memungkinkan ciuman bisa dikirimkan secara virtual. Kini sebuah teknologi komputer di Jepang telah membuat bintang virtual baru. Edisi Weekly Playboy (WPB bukan majalah yang terkait dengan Playboy Amerika) menampilkan bintang baru dari sebuah band atau grup terkenal Jepang AKB48, yang ternyata  adalah hasil rekayasa komputer.
Coba kita bahas sedikit tentang AKB48 ini. AKB48 adalah grup Idol yang terdiri dari 48 orang perempuan cantik-cantik yang banyak terlibat dalam kegiatan hiburan di Jepang seperti menyanyi. AKB48 terdiri dari tiga grup, yaitu grup A, grup K, dan grup B, masing-masing grup terdiri dari 16 perempuan. Grup ini sangat terkenal di Jepang, tidak lain karena cantik dan kegiatan mereka di dunia hiburan. Banyak di antara anggota grup ini yang menjadi model iklan berbagai produk di Jepang.
Tidak terkecuali majalah. Majalah seperti Weekly Playboy (WPB) sering menampilkan bintang dari AKB48 ini. Demikianlah beberapa hari yang lalu WPB menampilkan bintang baru dalam AKB48 yang diberi nama Eguchi Aimi. Sontak banyak penggemar AKB48 senang dengan dengan bintang baru ini karena memang sangat cantik. Dalam edisi tersebut, WPB memberikan banyak gelar bagi Eguchi Aimi, yaitu Ultimate Beautiful Girl, Ultimate Talented Girl, Ultimate Great Attack, dan Ultimate Fairy Tale Story.
Sayangnya Eguchi Aimi bukanlah manusia sebenarnya. Ia adalah sebuah hasil karya Computer-Generated Imagebusinessinsider.com melaporkan seperti 47 orang lainnya anggota AKB48, Aimi memiliki segalanya. Aimi merupakan perwujudan dari seorang idola pop. Ia memiliki suara yang merdu, rambut yang sempurna, kulit yang halus dan terang bercahaya dan keinginan untuk menjadi ikon produk yang tiada hentinya. Hal ini diwujudkannya dengan tampil di majalah WPB dan mengiklankan sebuah produk permen merek Glico’s Ice No Mi.
Popularitas Aimi meningkat dengan sangat cepat. Sayangnya ia hanyalah sebuah hasil karya Computer-Generated Image. Glico yang memakai tokoh Aimi untuk iklan produk mereka membenarkan hal ini. Sebelumnya band AKB48 dan Glico berusaha agar Aimi benar-benar diyakini ada, namun penggemar fanatik AKB48 melihat banyak kemiripan Aimi dengan anggota AKB48 lainnya. Selain itu menurutbusinessinsider.com gerakan dalam videonya cukup aneh.
japantoday.com melaporkan hal yang hampir sama dengan businessinsider.com. Kemunculan Eguchi Aimi sebagai idola baru band AKB48 menjadi perdebatan di internet. Banyak fans AKB48 yang menanyakan apakah sosok Aimi ini ada atau hanya rekaan komputer.Perdebatan yang telah berlangsung di kalangan penggemar AKB48 sejak beberapa waktu yang lalu akhirnya memperoleh jawaban setelah Glico mengatakan bahwa anggota terbaru band itu merupakan rekayasa komputer atau manusia virtual.
Sejak kemunculannya di WPB dan iklan Glico banyak yang ragu apakah Aimi itu manusia sebenarnya. Paling tidak menurut mereka ada unsur photoshop sehingga wajah Aimi tersebut mirip-mirip dengan anggota AKB48 lainnya. Glico akhirnya merilis sebuah mini documentary yang bertajuk The Birth of Eguchi Aimi di situs mereka. Glico akhirnya mengakui bahwa Aimi, anggota terbaru AKB48  tersebut memang gambar komposit yang terbentuk dari enam wajah enam anggota AKB48 lainnya.
Karakter cantik dan suara bagus Aimi merupakan kanibalisasi dari beberapa anggota AKB48 yaitu, sebagai berikut:
1. Mata berasal dari Atsuko Maeda yang berusia 19 tahun.
2. Rambut berasal dari Yuko Oshima yang berusia 22 tahun.
3. Garis wajah (facial outline) berasal dari Takahashi Minami yang berusi 20 tahun.
4. Mulut berasal dari Mariko Shinoda yang berusia 25 tahun.
5. Hidung berasal dari Tomomi Itano yang berusia 19 tahun.
6. Alis berasal dari Mayu Watanabe yang berusia 17 tahun
7. Suara berasal dari Yukari Sasaki yang berusia 15 tahun.
Dengan berbagai unsur  ini cukup jelas mengapa wajah Aimi sangat cantik. Dalam profilnya Aimi disebutkan berusia 16 tahun dan berasal dari Saitama Perfecture. Coba perhatikan beberapa gambar Eguchi Aimi berikut ini:
1311079462385419748
Sumber: http://static.tokyohive.com
131107970428864322
13110797791511169211
Sumber: http://static.tokyohive.com
1311079824793608283
Sumber: http://static.tokyohive.com
Tentu kalau bukan mereka yang benar-benar sering melihat para anggota AKB48 tidak akan bisa membedakan apakah ini manusia atau bukan. Apakah ini asli atau palsu karena adanya kecanggihan teknologi komputer. Tidak disebutkan lebih jauh, apakah para penggemar AKB48 merasa tertipu dengan karakter Eguchi Aimi ini. Paling tidak ini memberikan perspektif baru bahwa artis tidak mesti orang atau manusia sebenarnya, hasil rekayasa komputer pun bisa menjadi seorang artis walaupun hanya beberapa waktu. Hal yang penting adalah bagaimana bisa merekayasa dengan sangat baik dan kalau bisa jangan sampai ketahuan.
Sumber: businessinsider.com, japantoday.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar